Ketika mendengar ujian skripsi yang terlintas di benak mahasiswa mungkin adalah sebuah jalan rusak dan bergelombang yang harus dilalui untuk mencapai tempat tujuan yaitu kelulusan, mungkin bagi sebagian mahasiswa lainnya skripsi merupakan titik nol yang harus mereka tempuh sebelum benar-benar terjun langsung ke lapangan yang lebih bergejolak lagi. Sebelum mahasiswa menginjak semester “tua” ada baiknya jika mahasiswa mengetahui bagaimana alur pelaksanaan ujian skripsi agar dikemudian hari mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai ujian skripsi itu sendiri. Ujian skripsi merupakan tahap akhir yang harus dilewati mahasiswa agar dapat lulus dari studinya. Ujian ini dilakukan ketika mahasiswa telah menyelesaikan penelitian dan penyusunan skripsinya. Pelaksanaan ujian skripsi di Prodi Pendidkan Sejarah FKIP UNS dilakukan di Ruang Multimedia di Lab dan Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah.

Ketika ujian berlangsung, mahasiswa akan berhadapan dengan 4 dosen penguji yang disebut dengan Dewan Penguji. Dewan Penguji ini terdiri dari 2 dosen pembimbing dan 2 dosen non pembimbing yang bertindak sebagai Ketua dan Sekretaris. Mahasiswa dipersilahkan duduk dihadapan Dewan Penguji dan menunggu instruksi dari Dewan penguji. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati mahasiswa dalam ujian skripsi ini. Tahap pertama, sekretaris meng-crosscheck berkas-berkas persyaratan ujian yang terdiri dari: Naskah skripsi, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Sertifikat asli PPL/PLP/Magang (3), Sertifikat asli ESQ, Sertifikat asli EAP, Transkripsi nilai yang telah disahkan oleh Pembimbing Akademik (PA) dan kaprodi, Semua KRS asli dari semester 1 sampai terakhir, Buku konsultasi skripsi asli, Bukti submit Jurnal Candi, Bukti turnitin skripsi dan junal masing-masing maksimal 30%. Setelah di-crosscheck oleh sekretaris dan memenuhi syarat, maka ujian siap dimulai oleh Dewan Penguji.

Tahap kedua merupakan pembukaan yang dibuka oleh Ketua Dewan Penguji. Tahap ketiga merupakan tahap presentasi mahasiswa. Dewan Penguji mempersilahkan mahasiswa untuk mempresentasikan skripsinya dalam waktu 10 sampai maksimal 15 menit. Presentasi ini meliputi: Judul Penelitan, BAB I meliputi: Latar Belakang, Rumusan Masalah; BAB II meliputi: Kajian Teori dan Kerangka Berpikir; BAB III meliputi: Tempat Penelitian, Waktu Penelitian, Metode Penelitian, Sumber Data Penelitian, Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data; BAB IV meliputi hasil dan pembahasan penelitian; dan ditutup dengan BAB V yaitu Kesimpulan. Dalam presentasi ini, mahasiswa mempresentasikan poin-poin penting dari setiap Bab, bukan keseluruhan mengingat waktu yang sangat terbatas.

Tahap keempat yaitu konfirmasi, tanya jawab, dan pemberian masukan dari Dewan Penguji yang dimulai dari Penguji 1 (Dosen Pembimbing 1), Penguji 2 (Dosen Pembimbing 2), Penguji 3 (Sekretaris), dan yang terakhir Penguji 4 (Ketua Dewan Penguji). Tahap kelima, yaitu rapat cepat Dewan Penguji. Mahasiswa dipersilahkan keluar dari ruang ujian selama kurang lebih 5 menit, sehingga Dewan Penguji dapat berdiskusi terkait kesepakatan apakah mahasiswa layak diluluskan atau tidak, jikalau mahasiswa lulus harus revisi berapa bulan.

Tahap terakhir yakni pengumuman dari Dewan Penguji. Mahasiwa dipersilahkan masuk kembali ke ruang ujian untuk menerima putusan dari Dewan Penguji yang diumumkan oleh Ketua Dewan Penguji. Berdasarkan rapat singkat Dewan Penguji, mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus dengan revisi sekian bulan, lulus tanpa rrevisi, ataupun tidak lulus; meskipun sangat jarang mahasiswa yang tidak lulus. Bagi mahasiswa yang revisi ada 3 opsi revisi, yaitu 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan. Jangka waktu revisi bagi mahasiswa ditentukan oleh seberapa berat kesalahan. Jika kesalahan hanya kecil atau ringan maka mahasiswa diberikan waktu 1 bulan untuk revisi, Jika kesalahan lumayan, maka mahasiswa diberikan waktu 2 bulan revisi. Jika kesalahan berat, maka mahasiswa diberikan waktu maksimal 3 bulan untuk revisi. Apabila mahasiswa melebihi batas waktu revis, maka mahasiswa wajib ujian ulang. Ujian skripsi ini akan dinyatakan selesai apabila sudah mendapat pengesahan dari semua Dewan Penguji.

Begitulah alur ringkas gambaran dari ujian skripsi yang nantinya akan dilalui oleh para mahasiswa. Ujian ini hanya sebagian ujian kecil yang harus dilewati mahasiswa sebelum benar-benar terjun ke lapangan yang jauh lebih berat daripada yang dihadapi dalam ujian ini.

Oleh: Syaffrina Fadhilatul (2021)

Comments