Pembelajaran
MERAMU SEJARAH KONTROVERSIAL DALAM BENTUK LUARAN BUKU KARYA BERSAMA
Dalam episode baru di semester yang baru ini, mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2021 menghadapi tantangan baru dalam perkuliahan mendatang. Tantangan ini berupa adanya perubahan komposisi mata kuliah yang berbeda dari milik kakak tingkat sebelum-sebelumnya
DARI KELAS KE BUKU: PROSES KREATIF DALAM PERKULIAHAN PENULISAN BUKU TEKS SEJARAH
Biasanya perkuliahan kalau tidak outputnya artikel atau tugas-tugas pada umumnya. Namun dalam perkuliahan Penulisan Buku Teks, para mahasiswa dituntut untuk menghasilkan sebuah buku teks yang sudah sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku. Tentu
INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH: MEMOTRET IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH
Pendidikan nilai karakter adalah proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan dan penguatan nilai-nilai moral, etika, dan sikap positif pada individu. Tujuan utama dari pendidikan ini adalah membentuk karakter siswa agar mereka menjadi individu yang
REVOLUSI PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DIGITAL DENGAN E-BOOK FLIP
Mata Kuliah Sejarah Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin sampai Reformasi yang diampu oleh Ibu Isawati, S.Pd., M.A., memberikan kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menyajikan materi sejarah secara inovatif melalui tugas besar
MENGHIDUPKAN MASA LALU DENGAN EKSPLORASI ARSIP MELALUI MATA KULIAH MUSEOLOGI DAN KEARSIPAN
Dalam dunia akademik, metode pembelajaran yang menggabungkan teori dengan praktik lapangan menjadi salah satu cara efektif untuk memperdalam pemahaman mahasiswa. Salah satu contoh nyata dari metode ini dapat ditemukan dalam Mata Kuliah Museologi dan
MENGHADIRKAN KELAS DIGITAL DINAMIS MELALUI PANDUAN PRAKTIS PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Mata Kuliah Pengelolaan Kelas Digital, yang diampu oleh Pak Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd., mengajak mahasiswa untuk menjelajahi inovasi terbaru dalam dunia pendidikan melalui pembuatan Guidebook Pengelolaan Kelas Digital. Dalam tugas besar ini, setiap
MENELITI DAN MENGHIDUPKAN SEJARAH KAMPUNG KERAJINAN MELALUI PENELITIAN LAPANGAN HINGGA PUBLIKASI ILMIAH
Mata Kuliah Metodologi Sejarah yang diampu oleh Dr. Hieronymus Purwanta, M.A., tahun ini mengusung proyek penelitian yang mendalam mengenai kampung-kampung kerajinan di Surakarta dan sekitarnya. Proyek ini merupakan tugas kelompok yang terdiri dari 10-11
EKSPLORASI MELALUI OBSERVASI UNTUK MENGHIDUPKAN PENGALAMAN WISATA SEJARAH SEBAGAI PEMBELAJARAN
Pembelajaran yang tak hanya berfokus pada teori, namun juga mengintegrasikan pengalaman langsung, selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia akademik. Hal ini tercermin dalam Mata Kuliah Sejarah dan Kajian Kepariwisataan yang
BANK SOAL SEJARAH SMA MELALUI KOLABORASI MAHASISWA: INOVASI EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH
Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran yang diampu oleh Pak Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A., membawa sebuah terobosan dengan menghadirkan proyek pembuatan Buku Bank Soal. Dalam mata kuliah ini, setiap mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi
Pembelajaran Sejarah Berluaran Poster dan Album Sejarah
Biasanya dalam perkuliahan berlangsung, penugasan yang diberikan oleh bapak dan ibu dosen berbeda-beda. Salah satunya yang dilakukan oleh Dadan Adi Kurniawan, S. Pd, M. A. Beliau memang terkenal dikalangan mahasiswa dengan metode pembelajaran dan
Menelusuri Sejarah Toponimi Kecamatan dan Kelurahan di Kota Surakarta dalam Memenuhi Tugas Mata Kuliah Geografi Sejarah
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Geografi Sejarah, Prof. Dr. Djono, M. Pd. memberikan tugas kepada para mahasiswa semester 5 angkatan 2021 untuk menelusuri dan mencari jejak sejarah toponimi kelurahan-kelurahan yang terdapat pada kecamatan di
PEMBELAJARAN INKLUSI BERBASIS PODCAST
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kegiatan pembelajaran semakin bervariatif dan inovatif. Adanya bantuan teknologi semakin memudahkan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh salah satu dosen di prodi
KOLABORASI TEKNOLOGI: MENINGKATKAN INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MEDIA BERBASIS LOGBOOK
Sistem pembelajaran yang baik membutuhkan suatu kompetensi yang cepat, tanggap dan sesuai dengan perkembangan zaman khususnya abad-21. Abad-21 ditandai dengan perubahan serta perkembangan teknologi yang pesat dan cepat, sehingga mahasiswa harus dapat mengimplementasikan kompetensi
MENGASAH KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN: MAHASISWA S1 PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNS BELAJAR MENULIS BUKU
Menciptakan perkuliahan yang efektif dan berkesan memerlukan model dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi mahasiswa. Salah satu model perkuliahan yang menarik sehingga dapat mengasah kreativitas dan keterampilan mahasiswa adalah melalui pembuatan buku yang berisi
Perkuliahan Sejarah dan Kajian Kepariwisataan Lakukan Kunjungan ke Tempat Wisata Daerah
Mata Kuliah Sejarah dan Kajian Kepariwisataan merupakan mata kuliah prodi S1 Pendidikan Sejarah yang didapatkan pada Semester 3. Mata kuliah ini diampu oleh Dosen Prodi Pendidikan Sejarah, yakni Prof. Dr. Akhmad Arif Musadad M.Pd
PEMBELAJARAN BERORIENTASI ARTIKEL YANG DIPUBLISH
Perjalanan perundang-undangan mengenai pertanahan di Indonesia sudah ada sejak masa Hindia Belanda, yaitu dimulai dari Agrarische Wet yang diterbitkan pada tahun 1870an hingga diresmikan UUPA 1960 atau Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 1960 tentang
PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PROYEK SHORT FILM
Salah satu upaya terobosan dalam pembelajaran sejarah agar lebih efektif ialah dengan proyek pembuatan short film, dalam rangka penilaian Ujian Akhir Semester pada mata kuliah Pergerakan Nasional dan Demokrasi Liberal yang diampu oleh
PENELUSURAN ARSIP SECARA MANUAL DAN DIGITAL
Menurut UU No. 43 Tahun 2009 arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga
Pembelajaran Berbasis Kunjungan ke Monumen Pers dalam Mata Kuliah Sejarah Teknologi dan Informasi
Perkuliahan yang dilakukan secara konvensional biasanya cenderung akan memunculkan rasa bosan terhadap mahasiswa. Hal ini lah yang terjadi oleh mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2021 kelas B dalam mata kuliah Sejarah Teknologi dan Informasi. Mata
PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING: ALTERNATIF BELAJAR SEJARAH
Pembelajaran role playing atau bermain peran mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Selain karena jarang dilakukan oleh guru maupun dosen, penerapan role playing ini menyita banyak waktu untuk latihan dan menampilkannya. Meskipun memerlukan
MENINGKATKAN LITERASI MAHASIWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS REVIEW BUKU
Menurut survei PISA (Program for International Student Assesment) pada 2018, tingkat literasi siswa Indonesia sangat rendah. Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara; delapan peringkat dari bawah. Dari survei tersebut diperoleh data bahwa
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK HASILKAN BUKU BER-ISBN
Sebagai seorang mahasiswa yang masih menempuh jenjang perkuliahan, dapat menerbitkan sebuah karya tulis berupa buku merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Namun di masa sekarang, plagiarisme marak terjadi dikalangan akademisi. Banyak orang yang ingin menelurkan sebuah
PRAKTIK MICRO TEACHING HASILKAN “BUKU SAKTI”
Menjadi seorang guru, apalagi guru sejarah tentulah memiliki tantangannya tersendiri. Apalagi di era gempuran teknologi modern dengan siswa-siswa yang dijuluki sebagai Gen Z. Memiliki keterampilan dan metode mengajar yang unik, menarik, kreatif serta bervariatif
Pembelajaran Sejarah Berbasis Kunjungan Museum
Pembelajaran yang menyenangkan terkadang tercipta ketika metode belajarnya tidak hanya full teori di dalam kelas, melainkan sesekali outingclass (pembelajarn di luar kelas). Hal inilah yang coba dipraktikkan oleh Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.,
Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNS Dilatih Membuat “Buku Saku” Berbasis Team Project
Pembelajaran tidak melulu soal ceramah atau penyampaian penjelasan dari seorang guru kepada siswa atau dari seorang dosen kepada mahasiswanya, melainkan bagaimana kelas tersebut mampu menciptakan luaran (produk) sebagai wujud nyata karya peserta didik.