
Dialog Dosen-Mahasiswa merupakan salah satu proker dari bidang akademik HMP Ganesha FKIP UNS. Program kerja ini merupakan wadah bagi mahasiswa pendidikan sejarah UNS untuk memberikan aspirasi kepada para jajaran dosen pendidikan sejarah itu sendiri. Acara di tahun ini berlangsung pada hari Jumat, 17 November 2023 dan bertempat di ruang 301 lantai 3 gedung C FKIP UNS. Dialog Dosen Mahasiswa sendiri tidak mempunyai tema setiap tahunnya, namun konsepnya hampir mirip dengan tahun-tahun sebelumnya. Adapun untuk teknis pelaksanaan kegiatan proker ini adalah para dosen yang hadir diminta duduk di kursi yang telah panitia sediakan, dimana kursi tersebut menghadap langsung kepada para peserta. Kemudian setelah acara dibuka dan tiba sesi dialog, mahasiswa yang ingin memberikan saran/kritik terhadap pendidikan sejarah di UNS bisa mengangkat tangan dan menyampaikan maksud tersebut. Ada beberapa peraturan terkait keberlangsungan acara ini: 1) Peserta wajib berada di ruangan 10 menit sebelum diskusi dimulai 2) Tidak memainkan telepon seluler saat diskusi berlangsung 3) Tidak diperkenankan merokok selama kegiatan berlangsung 4) Melakukan diskusi dengan sopan dan tidak melakukan intrupsi yang mendominasi 5) Setiap peserta harus berpartisipasi penuh, dengan menjadi pendengar dan pembicara yang baik. 6) Pertanyaan dan tanggapan harus disampaikan dengan sopan, tidak mengandung unsur SARA dan tidak bersifat provokatif. 7) Peserta dilarang membawa narkotika, minuman keras, senjata tajam atau senjata api selama kegiatan berlangsung 8) Peserta wajib menggunakan pakaian bebas rapi dan tidak diperkenankan menggunakan kaos, dan 9) Peserta wajib mematuhi aturan tata tertib yang dibuat oleh panitia penyelenggara.
Persiapan panitia untuk melaksanakan acara ini dimulai dari tanggal 8 November 2023, bertepatan dengan magang kecil dari program kerja POK. Persiapan dimulai dengan rapat bidang akademik yang membahas konsepan serta rancangan kasar dari dialog dosen mahasiswa. Dengan bertempat di gedung D FKIP UNS dan alokasi waktu kurang lebih 2 jam akhirnya memutuskan rencana gedung untuk kegiatan serta pembagian jobdesk perbidang. Adapun untuk rencana gedung kami telah memilih gedung A sebagai tempatnya dan jobdesk terbagi ke dalam 6 bagian yakni Acara yang terdiri dari bidang akademik sendiri, Sekretaris yang terdiri dari Sekretaris Umum HMP Ganesha, Bendahara juga diambil dari Bendahara Umum kepengurusan HMP Ganesha, Perlengkapan yang terdiri dari bidang POK dan Sosma, Humas yang terdiri dari bidang Pemikat dan Ketua-Wakil Ketua, serta Media yang staffnya terdiri dari Medistik. Kemudian kami juga telah menentukan salah satu staff HMP Ganesha yang akan menjadi moderator dalam acara ini, yakni Abdurrohman Setiaji yang juga merupakan mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2022.

Kemudian diadakan rapat kedua secara online yang dihadiri oleh Koor setiap divisi yang sebelumnya telah ditentukan bersama pada rapat pertama. Dengan alokasi waktu 1 jam, rapat ini menghasilkan progress dari setiap divisi serta diskusi atas permasalahan yang timbul seperti Abdurrohman yang tidak dapat menjadi moderator karena kesibukan di hari itu. Oleh karenanya, dari masing-masing koor akhirnya memutuskan untuk mengganti moderator yang awalnya Abdurrohman Setiaji menjadi Reni Wulandari yang juga merupakan mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2022. Setelah diadakan diskusi antar koor, kemudian koor acara yang merupakan ketua pelaksana Dialog Dosen-Mahasiswa kembali mengadakan rapat divisi acara untuk kedua kalinya. Dengan bertempat di gacoan jebres dan alokasi waktu kurang lebih 3 jam, kami menghasilkan pembagian jobdesk divisi acara serta jobdesk hari h masing-masing divisi.
Terdapat sedikit salah paham tetkait peminjaman ruang, yang berawal dari gedung A sebagai tempat pasti untuk kegiatan dialog Dosen-mahasiswa berlangsung, namun di h-4 hari kami terpaksa pindah ruang menjadi gedung C lantai 3 tepatnya di ruang 301, dikarenakan semua gedung FKIP yang terdapat aula akan digunakan di hari yang sama. Persiapan 1 hari sebelum hari h atau biasa disebut “gladi bersih” beralokasi waktu selama 2 jam. Gladi bersih ini berlangsung lancar, walaupun sedikit panjang waktunya karena panitia yang datang tidak terlalu banyak. Dimulai dari ba’da ashar hingga Maghrib tiba, kami mempersiapkan banyak hal, dimulai dari pemindahan kursi, mencari meja, serta gladi moderator. Dalam gladi ini kami juga memastikan kepada humas apakah delegasi tiap angkatan sudah konfirmasi kedatangan, namun humas juga belum dapat memutuskan karena belum ada yang konfirmasi tiap angkatan.

Di hari-H, tepatnya hari jumat di tanggal 17 November 2023, kami melakukan checking akhir untuk memastikan bahwa acara ini telah siap dan pantas untuk dimulai. Acara dialog dosen-mahasiswa dimulai pukul 9.20. Waktu dimulai acara memang sedikit mundur dikarenakan para peserta hanya 3-5 orang yang datang, namun di sisi lain acara harus tetap berlangsung tepat waktu. Ketika para dosen sudah hadir, 7 menit setelahnya acara dimulai. Ada 8 dosen yang hadir di kesempatan kali ini diantaranya Kepala Program Studi Pendidikan Sejarah 2023, yakni Ibu Dr. Sutiyah M.Pd., M.Hum, Pembina HMP Ganesha 2023 yakni Bapak Dadan Adi Kurniawan S.Pd., M.A. Bapak Dr. Hieronymus Purwanta M.A., Ibu Isawati S.Pd., M.A, Bapak Drs. Tri Yunianto M.Hum., Ibu Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.hum., Bapak Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd., serta Bapak Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd. Acara dimulai dari pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dari ketua pelaksana Dialog Dosen-Mahasiswa 2023, sambutan ketua HMP Ganesha 2023, Sambutan Pembina HMP Ganesha, Sambutan kepala program studi Pendidikan Sejarah, pembacaan tata tertib kegiatan, acara inti yaitu “Dialog Dosen-Mahasiswa”, sesi penutup, serta sesi dokumentasi. Adapun sesi dialog dosen-mahasiswa terbagi kedalam 2 kali sesi kritik atau saran dari mahasiswa, yang kemudian di setiap akhir sesi akan diberikan feedback oleh dosen.
Acara ini berlangsung kondusif dan aktif dikarenakan ada beberapa mahasiswa yang memberikan aspirasi kepada para jajaran dosen walaupun para peserta yang datang tidak terlalu banyak. Dikarenakan waktu sudah menunjukkan pukul 11.20, maka sesi dialog ini dicukupkan. Cukup banyak pertanyaan, kritik, ataupun saran yang masuk ke jajaran dosen pendidikan sejarah dan akan segera ditindaklanjuti perihal tersebut. Acara dilanjutkan dengan sesi penutup dan foto bersama. Kemudian setelah acara selesai, kami melakukan evaluasi serta membersihkan dan menata ulang ruangan karena akan digunakan kelas di Hari Senin.