Salah satu kegiatan dari prodi Pendidikan Sejarah adalah FGD (Forum Group Discussion), FGD ini adalah untuk menambah ilmu dan menceritakan pengalaman yang dialami oleh Komunitas Mbako Mbaki saat mengadakan pameran sejarah lokal yang membahas tentang daerah Baki pada tema atau periode tertentu. FGD ini dilaksanakan pada Kamis, 30 November 2023 di Ruang Werkudara, Perpustakaan pusat UNS. Komunitas Mbako Mbaki diwakili oleh Bapak Suryo Hardjono selaku founder dan ketua komunitas Mbako Mbaki menjelaskan bagaimana pengalaman beliau sewaktu mengadakan pengenalan sejarah lokal Baki untuk masyarakat berbasis pameran.

FGD berjalan dengan interaktif, karena Suryo Hardjonegoro menceritakan benar benar bagaimana pengalaman beliau dari kecil. Mulai dari sejak kecil diajak main oleh ayahnya ke tempat-tempat bersejarah hingga saat ini beliau menjadi suka hal-hal yang berbau sejarah. Dalam materinya, beliau juga menjelaskan bahwa biasanya orang itu mengetahui sejarah nasional, internasional, bahkan dunia tetapi malah tidak paham sejarah daerah mereka berasal. Oleh karena itu beliau mengadakan inisiasi pameran sejarah lokal di daerah Baki, Sukoharjo.

Agenda ini juga dalam rangka menyukseskan program hibah MBKM dari prodi pendidikan sejarah yang berfokus pada media masing-masing yang ditelusuri. Suryo juga memberikan ide dan inovasi kepada mahasiswa-mahasiswi pendidikan sejarah yang sedang melaksanakan program hibah MBKM. Sedangkan program hibah MBKM dari prodi pendidikan sejarah sendiri berfokus pada 3 tempat, yakni penelitian sejarah di Desa Wirun, penelitian dan pengembangan Museum Samanhudi, dan pengembangan media berbasis Instagram, medium, dan website di Monumen Pers.

Writer: Aryasatya (2021)

Comments