Artikel ilmiah merupakan sebuah karya tulis hasil kajian yang bersifat keilmuan. Pada penulisan artikel ilmiah ini menginformasikan segala sesuatu yang diperoleh dari hasil studi, penelitian, maupun hasil dari sebuah kajian pada suatu bidang keilmuan tertentu yang digunakan sebagai sumber referensi belajar. Workshop menulis artikel ilmiah ini merupakan suatu forum yang dapat mewadahi mahasiswa untuk dapat berlatih menulis suatu artikel ilmiah. Workshop ini ditujukan kepada mahasiswa utamanya mahasiswa pendidikan sejarah yang mengikuti program MBKM dan juga dibuka untuk umum. Mahasiswa pendidikan sejarah yang menjalankan program MBKM diwajibkan mengikuti kegiatan ini karena, salah satu output dalam program MBKM ini adalah artikel ilmiah.Narasumber dalam workshop menulis artikel ilmiah ini adalah Bapak Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd. yang merupakan salah satu dosen prodi pendidikan sejarah FKIP UNS.

Kegiatan workshop menulis artikel ilmiah ini dilaksanakan sebanyak 2 kali pada tanggal 16 and 23 Novemer 2023. Kegiatan workshop dilaksanakan di ruang Werkudara UPT Perpustakaan UNS pada tanggal 16 November 2023 kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.30 – 12.00 WIB sedangkan, pada tanggal 23 November dilaksanakan pada pukul 13.00 – 15.00 PM GMT. Peserta dalam kegiatan workshop menulis artikel ilmiah ini tidak dipungut biaya sepeser pun dan diikuti oleh mahasiswa pendidikan sejarah mulai dari Angkatan 2023 hingga angkatan 2019. Seperti workshop pada umumnya, dalam workshop ini peserta tidak hanya mendengarkan materi saja, tetapi juga melakukan sebuah kegiatan. Tentunya kegiatan yang dilakukan dalam workshop menulis artikel ilmiah ini adalah menulis sebuah artikel ilmiah.

Kegiatan pada tanggal 16 November 2023 adalah penyampaian materi terkait sistematika penulisan artikel ilmiah yang disampaikan oleh Nur Fatah Abidin sebagai narasumber workshop dan dipandu oleh Davena Salsabilla mahasiswi Pendidikan Sejarah 2018 sebagai moderator. Setelah narasumber memberikan pemaparan materi terkait sistematika penulisan artikel, peserta diberi kesempatan untuk bertanya terkait sistematika penulisan artikel. Para peserta terlihat antusias dalam kegiatan workshop ini terbukti dengan beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Sebelum kegiatan workshop diakhiri Nur Fatah Abidin sebagai narasumber mengarahkan agar peserta workshop mulai menulis artikel ilmiah sampai pada bagian metode, yang nantinya akan dibahas pada pertemuan workshop selanjutnya. Narasumber memberikan kesempatan kembali pada peserta untuk mengajukan pertanyaan terkait penugasan yang diberikan, setelah seluruh pertanyaan yang diajukan oleh peserta telah terjawab kegiatan diakhiri dengan dokumentasi bersama.

Kegiatan workshop dilanjutkan pada tanggal 23 November 2023, workshop dimulai pada pukul 13.00 – 15.00 PM GMT. Sama seperti workshop sebelumnya, narasumber dalam workshop ini adalah Nur Fatah Abidin tetapi, berbeda dengan sebelumnya workshop kali ini dipandu oleh Lukfitri Handayani mahasiswi Pendidikan Sejarah 2018 sebagai moderator. Pada kegiatan ini peserta diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan narasumber terkait artikel ilmiah yang telah mereka tulis. Narasumber mengoreksi artikel ilmiah seluruh peserta workshop. Dalam mengoreksi artikel ilmiah ini narasumber memberikan berbagai masukan serta saran kepada peserta terkait artikel yang mereka tulis agar peserta dapat menyempurnakan tulisannya sesuai dengan sistematika penulisan. Berbagai pertanyaan diajukan oleh peserta terkait penulisan artikel yang baik dan benar dan seluruh pertanyaan dapat terjawab oleh narasumber. Setelah dirasa seluruh pertanyaan peserta telah terjawab, seperti pertemuan sebelumnya kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Workshop menulis artikel ilmiah ini diselenggarakan tujuan utamanya adalah untuk membimbing mahasiswa Pendidikan Sejarah yang mengikuti program MBKM karena, salah satu output yang dihasilkan dalam program MBKM ini adalah menulis artikel ilmiah yang nantinya akan di publish minimal pada jurnal sinta 4. Dengan adanya workshop menulis artikel ilmiah ini, para mahasiswa sebagai peserta workshop diharapkan dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait sistematika penulisan artikel ilmiah sehingga, para peserta dapat menyempurnakan artikel ilmiah mereka.

Writer: Wida Dwi Novita (2021)

Comments